Sabtu, 30 Mei 2020

Ingin Sekutumu Loyal?, Hargai Mereka.

Membangun World of Wonder (WW) hingga bisa mencapai level 100 dan memenangkan dunia permainan sudah pasti memerlukan pengorbanan yang sangat besar. Hanya, orang-orang yang terlibat  langsung dan berkontribusi aktif yang benar-benar tahu dan merasakan seberapa besar "penderitaan" selama menjalaninya. Pengalaman yang diperolehpun akan berbeda-beda pada setiap orang dan setiap dunia permainan karena meski setiap server tujuannya sama, tetapi prosesnya tidak ada yang sama persis dan inilah yang membuat tiap sesi permainan selalu memberikan pengalaman yang unik dan baru bagi setiap pejuang.
cara membentuk aliansi di travian
Travian Legend
Pengorbanan yang dimaksud tidak hanya menyangkut moril dan materil satu atau dua orang pemain tetapi juga waktu dan pikiran dalam mengelola dan memaksimalkan potensi aliansi dan atau sekutumu. Ya, sudah menjadi rahasia umum bahwa tidak ada pemain yang bisa menyelesaikan WW sendirian, oleh karena itu pemain sehebat apapun memerlukan aliansi jika ingin mencatatkan sejarah memenangkan dunia permainan Travian Legend. Sayangnya mengelola SDM tidak bisa jadi tidak semudah mengelola SDA karena harus berurusan dengan watak dan kepribadian yang beranekaragam. Selain itu tidak semua pemain di dalam aliansi seiya sekata dalam hal tujuan dan goal yang ingin dicapai.

Aliansi yang solid erat kaitannya dengan atmosfir yang baik pula di forum aliansi atau kalau sekarang grup aliansi (grup whatsapp). Suasana yang hangat akan menciptakan chemistry yang baik tidak hanya antar anggota dalam satu aliansi tetapi juga antar anggota aliansi dengan sekutu. Respek dan saling menghormati adalah salah satu kunci agar suasana grup yang hangat terus terjaga, percaya atau tidak ini akan menumbuhkan loyalitas terhadap persekutuan yang merupakan poin penting dan tidak akan bisa dibeli dengan gold. 

Sayangnya hal ini seperti tidak disadari oleh kebanyakan pemain dalam satu aliansi atau konfederasi bahkan terkadang oleh pendiri aliansi itu sendiri. Grup umum yang sejatinya dibuat untuk mempererat dan mempermudah komunikasi justru menjadi titik tumbuhnya bara api pemecah persatuan. Masalahnya kadang sangat sepele, misalnya kata-kata yang tidak pantas yang menunjukan arogansi dan intimidasi terhadap anggota lain yang popnya lebih kecil, perebutan oasis, atau lebih memalukan masalah id jeruk yang di raid teman sendiri. 

Loyalitas adalah sesuatu yang bisa dibeli secara langsung, loyalitas hanya dapat ditumbuhkan dengan respek dan untuk membuat anggota respek satu sama lain menuntut setiap anggotanya agar berjiwa besar, berkepala dingin, dan bisa menekan ego pribadi demi tujuan bersama. Jika sesorang sudah loyal ia tidak akan segan-segan mencurahkan segala yang dimilikinya demi aliansi dan sekutunya. Sebaliknya jika aliansi Induk tidak respek apalagi memandang rendah sekutu hanya sebagai alat untuk mencapai tujuan bukan tidak mungkin, sekutu yang harusnya adalah kawan justru akan berbalik menjadi lawan. 

Jadi, ingin sekutumu loyal?. Hargai mereka!. Jika kamu tidak tahu cara menghargai, maka mulailah dengan kata-kata yang baik dan sopan, tidak mudah ngeGas, dan tidak menjadi sombong karena merasa diri lebih baik dari pemain lain. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger | Printable Coupons