Jumat, 29 Mei 2020

Selamat Tinggal Travian Indonesia

Curhatan sepinya pendaftar pada hampir semua server Travian Indonesia beberapa tahun terakhir sepertinya didengar dan ditanggapi serius oleh Tim Travian. Tepat tanggal 29 Mei 2020, Tim Travian mengumumkan akan menggabung semua domain lokal yakni Thailand (TH), CHINA, Jepang (JP), Malaysia (MY),  Vietnam (VN) dan tak terkecuali Indonesia (ID) kedalam dunia permainan baru yakni server asia per 1 Juni 2020.  
Travian Indonesia tutup
Perubahan harga gold di travian legends

Sebelumnya, banyak pemain server lokal Indonesia mengeluhkan minimnya jumlah akun yang mendaftar di tiap server yang berjalan di travian.co.id. Untuk Ts1 server terakhir yang baru dibuka  tanggal 11 Mei 2020 lalu, misalnya tercatat hanya ada 1299 akun yang telah melakukan registrasi. Padahal jika kita tengok kebelakang sekitar tahun 2007-2010 jumlah akun yang terdaftar pada setiap server bisa mencapai angka lebih dari tujuh ribu. 

Minimnya pemain yang mendaftar tentu saja berdampak pada dunia permainan travian itu sendiri. Dari total jumlah akun yang ada tidak dipungkiri sebagiannya adalah akun klon atau multi akun yang sekarang populer dikenal dengan istilah "jeruk". Belum lagi, umur permainan yang hampir mencapai satu tahun khususnya untuk server normal juga menjadi "silent killer" yang akan membuat jumlah player yang benar-benar aktif di mid dan late game mungkin hanya tersisa 20-30 persen nya saja. Sehingga wajar saja saat WW race umumnya hanya ada dua ally besar yang bersaing, bahkan tidak jarang hanya Natar yang menjadi rival. 

Penggabungan domain-domain lokal ke server asia sudah pasti akan membawa beberapa perubahan pada permainan travian kedepannya. Berdasarkan informasi yang sudah admin rangkum, setidaknya  perubahan tersebut ada pada beberapa poin berikut : 

Kedepan tidak ada lagi server lokal travian.co.id, pemain Indonesia yang ingin bermain travian dapat bergabung di ts00.asia.travian.com untuk server normal atau tx00.asia.travian.com untuk server speed 3x (00 adalah nomor dunia permainan, misal ts1.asia.travian.com). Dunia permainan baru bisa dilihat di laman lokal www.travian.com/id. 

Terhitung sejak 29 Mei 2020, semua pendaftaran untuk server lokal (travian.co.id) telah ditutup atau di non aktifkan meskipun saat postingan ini dibuat server seperti ID1 season 13 baru berjalan 18 hari. Dengan demikian, server ts1.travian.co.id adalah server lokal terakhir yang bisa dimainkan.

Jika biasanya waktu start server baru adalah pukul 20.00, maka di server baru asia nantinya waktu mulai dunia permainan baru akan selalu dimulai tepat pukul 17.00 WIB. Jika admin tidak keliru, maka kemungkinan besar reset tugas harian juga akan mengikuti waktu mulai server yakni setiap pukul 17.00 sebagaimana ketika di server lokal dimana waktu reset tugas hariannya adalah tepat pukul 20.00 sesuai dengan waktu mulai server. 

Terakhir yang tidak kalah menarik dan akan menjadi fokus perhatian  pemain adalah perubahan harga gold. Permainan travian memang tetap bisa dimainkan tanpa membeli gold, namun demikian karena fungsi gold dalam permainan ini cukup vital khususnya bagi pemain yang ingin bermain dominan dan all out maka tidak sedikit pula yang membelinya walaupun masih ada tips dan trik mendapatkan gold gratis di travian. Dengan naiknya cost tersebut, bukan tidak mustahil akan ada gelombang pensiun besar-besaran pemain travian Indonesia. Alih-alih ingin membuat server menjadi ramai, justru sebaliknya Travian akan kehilangan pemain-pemain setianya, khususnya dari Indonesia. 

Berikut perbandingan harga gold travian lama (berdasarkan data fitur beli emas dalam permainan yang diakses tanggal 30 Juni 2020, server lokal ts1.travian.co.id dan gold (emas) travian legend baru  yang akan berlakukan saat penggabungan ke server asia.



Paket Jumlah Gold Harga Lama Harga Baru
A 30 $1.99 $2.49
B 100 $4,99 $5,99
C 250 $9.99 $12.99
D 600 $19.99 $24.99
E 1600 $49.99 $62.49

Hadirnya Tx10 (server speed 10x) beberapa waktu lalu rupanya salah satu langkah ujicoba pihak pengembang untuk menguji efektivitas server asia. Hanya saja, saat itu belum diterapkan kenaikan harga gold. Semoga saja, kebijakan baru dapat memberikan win-win solution bagi player setia Travian Indonesia sehingga bisa berdampak positif terhadap dunia permainan, dan tidak kalah penting harapannya game ini tetap dapat menghibur dan memberikan kebahagian bagi para pecintanya. Sampai jumpa pada postingan berikutnya, jangan lupa bahwa game hanyalah salah satu dari banyak cara yang dapat kamu lakukan agar bahagia, jadi "No matter win or lose, just play with your happines". 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger | Printable Coupons