Kamis, 18 Juni 2020

Mengenal Artifak dan Cara Mendapatkannya

Bagi player yang baru mengenal dunia Travian ada banyak hal yang perlu dipelajari agar dapat bermain seperti pro. Salah satu poin yang tidak kalah penting dan tidak boleh kamu lewatkan adalah mengenai Artifak. 

Artifak adalah benda-benda kuat yang dibuat oleh suku Natars kuno yang dapat memberikan kekuatan besar bagi siapa saja yang memilikinya. Secara umum Artifak dibedakan berdasarkan dua hal yakni, ruang lingkup dan jenisnya. 

Berdasarkan ruang lingkupnya, artifak dibagi menjadi dua yaitu artifak ruang lingkup desa dan ruang lingkup akun. Artifak yang memiliki efek ruang lingkup desa artinya hanya memiliki efek memengaruhi desa tempat dimana gudang ilmu untuk menyimpan artifak itu. Sedangkan artifak dengan efek akun akan memengaruhi seluruh desa dalam akun tersebut, jadi jika akunmu telah memiliki 10 desa maka kamu cukup menyimpan artefak di gudang ilmu di salah satu desa saja (tidak harus ibu kota) maka desa lain juga akan turut mendapatkan efeknya. 

Jenis-jenis artefak ada beberapa macam dan memiliki efek kekuatan yang berbeda-beda pula. Setiap jenis umumnya memiliki 3 variasi yakni Artifak Kecil, Artifak Besar dan Artifak Spesial. Berikut jenis-jenis artifak di Travian.

1. Artifak Basunandha
Fungsi artifak Basunandha adalah memperkuat bangunan terhadap serangan catapult dan ram. Desa atau akun yang memiliki Basunandha dapat memiliki ketahanan bangunan 3x lipat sampai dengan 5x lipat tergantung tipe artifak yang dimiliki. Namun perlu diketahui, bagi desa Wondfer of The World fungsi artifak ini tidak berlaku untuk bangunan keajaiban dunia (WW), tetapi hanya ber efek pada bangunan lain selain keajaiban dunia. Meskipun demikian, artifak ini tetap penting untuk mempertahankan desa WW, karena pagar atau tembok akan lebih sulit ditembus lawan sehingga dampak dari serangan Hammer akan dapat diminimalisir. 
jenis-jenis artifak natar
Artifak Basunandha

2. Artifak Slipih Angin
Kegunaan Artifak Slipih Angin adalah mempercepat perjalanan pasukan. Efeknya dapat mempercepat perjalanan pasukan dari 1,5x hingga 2x lebih cepat tergantung dari tipe artifak yang dimiliki. Berbeda dengan sepatu dan pusat kebugaran, efek artifak ini memengaruhi kecepatan pasukan meski jarak tempuhnya kurang dari 20 bidang. Sedangkan efek Pusat Kebugaran dan inventori Hero seperti Sepatu Serdadu baru mendapatkan efek ketika pasukan menempuh jarak lebih dari 20 blok atau bidang dari desa. 
Manfaat artifak natar
Artifak Slipih Angin

Artifak Slipih Angin adalah salah satu yang paling diincar oleh pemain. Karena artifak ini tidak hanya sangat cocok untuk para raider dan ambusher tetapi juga untuk hammer atau defender sekalipun. Pasukan  Theutates  Thunder yang heronya diperlengkapi sepatu archon, pusat kebugaran level 20, dan artifak slipih angin akan membuatnya menjadi pasukan yang tidak tertandingi dalam hal kecepatan. 

3. Artifak Dewi Sri
Ketersediaan gandum adalah masalah klasik bagi pemain untuk bisa mencetak pasukan dalam jumlah besar. Bahkan desa gandum 15c dengan dukungan oasis 150% pun jelas belum cukup untuk mewujudkan desa dengan kekuatan militer yang digdaya. Oleh karena itu, salah satu artifak paling diburu terutama untuk pemain yang ingin menjadi hammer atau mega hammer adalah Dewi Sri. Fungsi Arte ini cukup simple yakni mengurangi konsumsi gandum pasukan antara 25% sampai dengan 50%, baik di desa artifak atau seluruh akun bergantung pada jenis artifaknya. Dengan pengurangan konsumsi ini, pemilik desa atau akun yang sudah mendapatkan efeknya dapat meningkatkan jumlah pasukan penyerang hingga ambang batas dimana kebutuhan suplai gandum masih dapat dipenuhi sehingga pasukan yang telah susah payah diproduksi terhindar dari ancaman mati kelaparan. Perlu diingat bahwa efek artifak Dewi Sri tidak berlaku untuk desa Keajaiban Dunia (WW). 
cara mempercepat produksi pasukan di travian
Artifak Dewi Sri

4. Artifak Antakusuma
Selain masalah sumber daya, termasuk gandum, waktu adalah poin kedua yang membuat pemain tidak dapat membuat pasukan dalam jumlah besar secara instan. Jadi meski memiliki cukup SDA, pemain masih dibatasi waktu dalam mencetak troops baik attack ataupun defense. Karena itulah seorang hammer harus benar-benar tekun dan sabar, tidak hanya sabar dalam hal menunggu satu demi satu antrian di barak atau istal selesai tetapi juga sabar untuk tidak show off selama dirinya belum dibutuhkan dalam Battle Plan (BP). 


nama-nama artifak di travian
Artifak Antakusuma

Tanpa artifak dan beberapa atribut lainnya, perlu waktu sangat lama untuk bisa mengumpulkan troops dalam jumlah besar. Oleh karena itu pemain akan berusaha memangkas waktu pelatihan dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan memanfaatkan efek artifak Antakusuma. Pengurangan waktu pelatihan berlaku untuk semua, baik di barak, istal, bengkel, maupun, kastil atau istana (melatih setler/chif/senator). Efek pengurangan waktu pelatihan beravariasi antara 25%-50% bergantung pada jenisnya. 

Hal lain yang perlu diketahui bagi pengguna Antakusuma adalah bahwa efek artifak baru berjalan setelah artifak ditaklukan. Antrian pasukan sebelum pengaktifan artifak tidak akan terpengaruh atau tidak akan mengalami pengurangan waktu pelatihan. 

5. Senthono Dawa
Fungsi artifak ini adalah agar dapat membangun Gudang Besar dan Lumbung Besar layaknya di desa World of Wonder (WW). Gudang Besar dan Lumbung Besar adalah bangunan khusus yang dapat menampung jumlah sda lebih besar. Kapasitas yang besar ini sangat penting bagi desa super hammer karena dapat mencegah pasukan kelaparan sementara ditinggalkan. Selain itu penting pula untuk menampung sda yang dikumpulkan dari Call For Resource (CFR), untuk kemudian di NPC sesuai kebutuhan. Senthono Dawa tidak hanya berfungsi untuk membangun, tetapi juga menaikan tingkatnya, jadi level bangunan tidak dapat ditingkatkan jika artifak dipindahkan atau dicuri. 
cara menaklukan artifak dari natar
Artefak Senthono Dawa
6. Artifak Prabakacerna
Meski kurang terlalu diminati, artifak prabakacerna memiliki fungsi yang juga sangat berguna terutama dari sasaran chif dan raid. Arte ini memiliki kemampuan meningkatkan kapasitas crany atau celah antara 200-500% tergantung tipe nya.  Selain itu benda kuno ini juga memiliki fungsi tambahan yang membuat cata musuh hanya bisa menarget acak serupa dengan cata teuton ketika pabrik bir diaktifkan. Dengan target yang ter acak ini, akan sulit bagi musuh menarget kastil atau istana sebagai syarat wajib yang harus dihancurkan sebelum menaklukan desa musuh dengan chif atau senator. Meski demikian, tidak semua bangunan yang hanya bisa ditarget acak oleh catapult atau trebuchet, untuk Praba kecil dan praba besar, gudang ilmu tetap dapat ditarget secar langsung. Artifak ini juga tidak dapat melindungi bangunan kuno (WW), sehingga WW selalu dapat ditarget secara langsung meski desa WW telah memiliki artefak ini.
jenis jenis artifak dan kegunaanya
Artifak Prabakacerna



7. Artifak Udan Tritis/ artifak Joker
Artifak Udan Tritis atau yang lebih familiar dikenal sebagai arte Joker adalah, salah satu artifak dengan kekuatan unik yang tidak hanya memberikan keuntungan tetapi juga dapat menimbulkan kerugian bagi desa atau akun yang mengaktifkannya. Arte ini memiliki kekuatan yang berganti-ganti setiap 24 jam. Manfaat yang diberikan sama halnya arte yang lain, kecuali arte Senthono Dawa (untuk pembuatan Gudang dan Lumbung Besar).
jumlah pasukan di desa artifak natar
Artifak Udan Tritis/ Joker
Udan Tritis spesial akan selalu memberikan efek positif, sedangkan Udan Tritis normal fungsinya akan berubah ubah baik negatif maupun positif, tidak hanya fungsi, efeknya juga akan berganti-ganti antara efek akun dan  desa. Contoh efek negatif yang dimaksudkan misalnya konsumsi pasukan bukannya berkurang tetapi bertambah, atau justru pelatihan pasukan yang lebih lambat. 

Menaklukan Artifak.

Artifak pertama kali muncul di desa natar khusus yang tersebar di peta. Untuk melihat letak atau kordinat sebaran desa natar yang menyimpan artifak bisa dengan mengklik bangunan Gudang Ilmu  dan pilih tab "artifak di area anda", "Artifak Kecil" atau "Artifak Besar." Artifak di desa natar dilindungi oleh pasukan dengan kekuatan yang dapat berbeda-beda tiap server. Kekuatan ini bergantung pada seberapa besar kekuatan top 100 penyerang di server tersebut. Selain itu, pasukan bertahan natar untuk artifak kecil juga berbeda dengan pasukan natar di desa artifak besar dan artifak spesial dimana artifak kecil dibela oleh pasukan natar yang lebih sedikit atau lebih lemah dibanding dua tipe artifak lainnya 
syarat mendapatkan artifak natar
Cek Artifak di area anda

Untuk mengambil artifak dari desa natar ada beberapa prasyarat yang harus kamu penuhi.
  1. Harus memiliki gudang ilmu level 10 (artifak kecil) dan level 20 untuk artifak besar/ spesial
  2. Menyerang desa artifak dengan mode normal dengan hasil menang dan menghancurkan gudang ilmu di desa artifak tersebut. Gudang Ilmu (GI) desa artifak Natar selalu level 20, kecuali yang menyimpan denah bangunan kuno.
  3. Untuk mengambil artifak kamu membutuhkan hero atau kesatria. Kesatria bisa saja disertakan langsung bersama pasukan saat menyerang. Untuk kasus ini pasukan dan kesatria harus dari desa di mana Gudang ilmu telah tersedia agar artifak bisa langsung ditaklukan. Serangan tanpa hero dan atau tanpa menghancurkan GI tidak dapat menaklukan artifak. Jadi jika kekuatan tempurmu masih belum cukup kuat, kamu bisa meminta bantuan pemain lain (tidak harus satu ally atau konfederasi) untuk meng cleaning pasukan artifak natar dan menghancurkan Gudang Ilmunya, jika pasukan bertahan desa artifak natar sudah dibersihkan, dan gudang ilmunya sudah hancur, satu hero mu sudah cukup untuk mengambil artifak. 
  4. Satu pemain hanya bisa mengaktifkan maskimal 3 artifak dengan hanya satu artifak tipe akun. 
  5. Efek dari artifak desa akan berdiri sendiri dan tidak terpengaruh dengan efek artifak tipe akun. 

Artifak dapat di curi atau direbut dari desa lain dengan cara menyerang dan menghancurkan gudang ilmunya. Jika penyerangan berhasil dengan kemenangan dan GI berhasil dihancurkan kamu bisa mencuri artifak dengan catatan setelah penyerangan itu kesatriamu masih hidup. 

Punya pengalaman seru tentang artifak, jangan sungkan bagikan di form komentar ya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger | Printable Coupons